Learning by doing dengan Simulator.


Sektor Pembangkitan Tarahan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang menghasilkan listrik 2 x 100 MW. Terletak di desa Rangai Tri Tunggal, kecamatan katibung, Lampung Selatan. Mulai beroperasi tahun 2007, PLTU Tarahan mensupport kelistrikan Sumbagsel khususnya propinsi Lampung.IMG-20171226-WA0001

Dengan berjalannya waktu, seiring dengan regenerasi keluar dan masuknya anggota tim operasional maka dibutuhkan media sharing untuk menambah pengetahuan tentang pola pengoperasian khususnya anggota-anggota baru yang belum berpengalaman mengendalikan pesawat uap atau yang biasa disebut boiler. Selain mempelajari materi-materi seperti di Manual book, Standar Operation Prosedure (SOP), dan lain-lain, akan lebih efektif bila dibarengi dengan learning by doing.

Untuk itu, managemen menyusun jadwal mengikuti simulator seminggu sekali setiap masuk sore kedua selama dua jam, yang mana interface yang terdapat pada simulator sama persis dengan interface yang ada di Main Control Room (MCR).

Dengan begitu, teman-teman yang merupakan anggota baru dapat lebih familiar dengan sistem yang nantinya akan mereka kendalikan. Selain itu, bisa menambah pengalaman dengan trouble-trouble yang dibuat, sehingga bisa dapat diterapkan bila menghadapi trouble saat ditugaskan di main control room.

Simulator adalah program simulasi pengoperasian unit PLTU, dimana kita dapat mengoperasikan unit mulai dari awal. Mulai dari mengoperasikan alat bantu, udara bertekanan hingga rolling turbin. Diharapkan dengan para anggota baru mulai dan semakin memahami sistem operasional dan mendapatkan chemistry nya dalam memonitoring operasional pembangkit.

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "

Jangan lupa "Like" dulu ya :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s