Serba-serbi Skripsi (S3)


Cerita ini merupakan perjalanan skripsi gw yang seharusnya udah gw posting lama sebelum ini, tapi akan coba gw rangkum inti ceritanya aja hingga sekarang. Setelah menyelesaikan sidang & revisi laporan PKL, akhirnya gw melanjutkan perjuangan menuju skripsi dengan mengajukan judul. Judul akhirnya keluar juga karena sama persis dengan judul laporan PKL jadi gak jadi masalah, karena yakin disetujui.

Setelah menerima SK bimbingan, ternyata pembimbing gw orang sibuk yang hanya ada dikampus pada siang hari, bener aja pas beberapa kali mencoba bimbingan menyempatkan waktu antara kerja dan bimbingan ternyata kalo sudah lepas ashar itu pembimbing pasti kagak ada diruangan entah kemana. SK yang keluar seminggu sebelum lebaran akhirnya tergeletak begitu saja hingga 2 pekan setalah idul fitri karena faktor waktu bimbingan yang sulit.

Beberapa pekan kemudian karena mahasiswanya hanya diberi hari bimbingan hanya selasa dan sabtu. Setelah sering berbenturan dengan hari kerja shift, gw akhirnya mencoba bimbingan lagi, tapi tahukah kalian dengan kondisi masih ngos-ngosan ruangannya kosong & menurut mahasiswa bimbingan nya yang lain beliau akan ada meeting, tak lama berselang beliau muncul & dengan entengnya bilang : drafnya kalian kirim ke email saya ya, saya mau meeting. Rasanya draft yang kupegang ingin kulempar begitu saja ke udara tapi gw masih membutuhkan itu pembimbing jadi niat itu urung gw lakukan.

Sehari..
3 hari..
Seminggu masih tak ada kabar draft proposal skripsiku.

Klimaksnya setelah mencapai 2 minggu belum ada tanggapan juga mengenai email itu, akhirnya gw memberanikan diri lapor ke BAAKU bagian segala sesuatu yang berhubungan dengan mahasiswa. Dan menurut mereka gw harus confirm mengenai draft itu tapi itu sudah gw lakukan dan tanpa hasil. Gw memang sudah memiliki rencana pamungkas yaitu Ganti pembimbing, dan menurut penanggungjawab BAAKU Gw disuruh menghadap pembimbing untuk menjelaskan semuanya, siapa takut (dengan nada yang sedikit tegas) dan lagi-lagi beliau tidak ada diruangannya.

Keesokan harinya Gw temuin pembimbing Gw itu, Gw ingat banget itu hari jumat karena itu pertama kalinya Gw shalat Jumat di masjid kampus (maklum anak extensi) dan Ternyata kampus masih dalam masa orientasi mahasiswa baru yang di kampus Gw namanya PROPTI, jadi masjid kampus penuh dengan mahasiswa baru dengan seragam almamater yang menebar aroma smriwing gimana getoh.. Hadeh.
Dan Alhamdulillah beliau kali ini ada diruangan, Gw ketok pintunya.. Tok..tok..tok..permisi Pak saya mau konsultasi (kayak dokter aja) dan tahukah kalian tampang itu dosen melongok Ga jelas ngeliat Gw datang, kalo boleh Gw jelasin yang ada difikirin nya kali itu pasti : ” ini mahasiswa kagak tau jadwal bimbingan apa ya, kok hari gini datang “, tapi Gw cuek aja.

Gw jelasin aja maksud kedatangan Gw mengenai kejelasan draft Gw yang kagak ada kabar..bla..bla..bla. Tapi dengan santainya itu dosen main laptop sambil dengerin Gw ceramah singkat. Gw jelasin juga mengenai sulitnya mengatur waktu bimbingan dengan jam kerja & ketidak efektifan dengan solusi email yang dia berikan.. Bla.. Bla.. Bla dan Gw bilang minta rekomendasi untuk ganti pembimbing.
Dan setelah berfikir sejenak, dan bertanya tentang draft milikku beliau menyela pembicaraan apakah draft itu akan diteruskan atau bagaimana !!! Disitulah Gw bilang untuk ganti pembimbing saja, setelah berfikir sebentar beliau minta SK bimbingan yang kemudian dicoret-coret nya sebagai rekomendasi untuk dirujuk ke ketua jurusan dan di ketua jurusan kembali Gw menjelaskan alasan mengenai permintaan ganti pembimbing itu dan disetujui dan kuserahkan SK itu ke BAAKU dan tinggal menunggu SK baru keluar yang katanya 3 hari lagi.

Panjang juga ini cerita, pegel juga gw ngingetnya.. Besok-besok lagi yah gw lanjutin cerita tentang skripsi gw yah.. To be continue..

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "

3 thoughts on “Serba-serbi Skripsi (S3)”

Jangan lupa "like" dulu ya :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s