Asal-muasal simbol On-Off


Hampir semua peralatan elektronik mempunyai simbol On-Off pada salah satu tombol operasinya. Seperti misalnya TV, printer, komputer, dan laptop atau peralatan elektronik lainnya. Pada alat elektronik itu selalu terdapat button dengan simbol lingkaran kecil yang terpotong dengan garis vertikal. Apa arti simbol tersebut? Bagaimana asal-muasalnya?

Menurut sebuah versi, simbol ini awalnya digunakan pada Perang Dunia ke-2 sebagai sandi untuk saklar. Garis vertikal melambangkan angka “1” yang artinya hidup atau on. Sedang lingkaran melambangkan angka “0″ yang artinya mati atau off. Sementara lingkaran yang tidak sempurna melambangkan kondisi stand by.

Penggunaan angka “1” dan “0” merujuk pada bahasa dasar komputer atau arus elektron yang menggunakan angka 1 dan 0. Lebih jauh, kedua simbol ini menunjukkan sebuah sirkuit elektronik. Angka 1 berarti sirkuit terbuka (turned on). Sedangkan angka 0 berarti sirkuit menutup (turned off). Trik agar gampang mengingat: “O, Open, Off“.

Singkatnya, garis vertikal artinya hidup, dan simbol lingkaran artinya mati. Dengan kata lain, simbol ini menandai fungsi kontrol aktivasi (menghidupkan) dan deaktivasi (mematikan) daya/aliran listrik pada sebuah peralatan elektronik. Keterangan resmi soal simbol fungsi kontrol ini secara rinci dijelaskan dalam standar International Electrotechnical Commission (IEC). Terutama dalam dokumen mengenai penggunaan simbol grafis pada peralatan elektronik yang dikeluarkan tahun 1973. Di luar itu, penggunaannya bisa jadi lebih dini.

Jelas, simbol penanda kontrol daya ini memudahkan pengguna. Simbol ini bisa menerobos batas-batas bahasa penggunanya. Inilah yang memungkinkan simbol kontrol daya dalam bentuknya yang kita kenal sekarang bisa diakui secara universal.

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "

12 thoughts on “Asal-muasal simbol On-Off”

Jangan lupa "like" dulu ya :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s