Aksara Lampung


Setelah kemarin asyik ber-explore ria mencari tentang lampung dan mendapatkan kamus bahasa lampung, kali ini akan saya bahas tentang aksara lampung atau biasa disebut had lampung. Aksara Lampung ditulis dan dibaca dari kiri ke kanan. Aksara ini terdiri dari huruf induk, anak huruf, anak huruf ganda dan gugus konsonan, juga terdapat lambang, angka, dan tanda baca.

Daripada bingung dan kebanyakan baca penjelasan yang malah bikin mumet, ini saya tampilkan bagaimana yang disebut aksara lampung, cekidot >>

Setelah saya tampilkan huruf induk, saya juga akan tampilkan anak huruf, karena kalo tanpa anak huruf kita tidak bisa merangkai kata-kata terutama kata yang selain menggunakan huruf A.

Selain gambar diatas, semakin majunya teknologi kini aksara lampung sudah ada dalam bentuk font sehingga kita bisa merangkai aksara seperti mengetik seperti biasa, meski masih perlu perbaikan disana-sini karena masih terdapat kesalahan (menurut saya). Dan kalo kalian ingin mencoba menggunakan font aksara lampung ini silahkan download disini.

Setelah file terdownload, ekstrak file baru di copy paste ke folder font yg ada di control panel, caranya klik start – control panel – font. Untuk penggunaannya seperti kita menulis di microsoft word tinggal memilih font yang diinginkan.

Semoga bermanfaat.

Baca juga :

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "

11 thoughts on “Aksara Lampung”

  1. aksara lampung ini mirip dengan aksara Lontara yang dipakai Suku Makassar dan Suku Bugis di sulawesi selatan…

  2. ya tp kan kita punya bahasa masing2 tuk tunjukin bahasa kita pada orang lain,krn kita kan anak indonesia jadi ya banyak bahasa

Jangan lupa "like" dulu ya :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s