Kenapa PLN suka matiin lampu/listrik ?


Kalo udah ‘musim’ mati lampu, pasti aja PLN dimaki-maki.
Pelanggan biasanya ngomel :
” Gimanalah PLN ini kok lampu dimatiin, padahal sudah bayar listrik tiap bulan! “.
Tapi kalo udah terang benderang, boro-boro pujian…
Ucapan terima kasih aja ga pernah ada.

Kenapa bisa mati lampu ?

  1. Kebutuhan listrik meningkat pesat. Listrik yg dihasilkan pembangkit lebih kecil dari konsumsi listrik masyarakat. Kalo konsumen hemat dlm Menggunakan listrik dengan mematikan lampu yang tidak perlu, berarti kita mengurangi mati lampu di daerah lain dan bisa menikmati listrik.
  2. Cuaca buruk, biasanya kalo Hujan juga diikuti mati lampu !! Yang sering terjadi saat hujan, pohon besar tumbang & pohon menimpa jaringan Dan penanganan nya membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena harus menunggu hujan reda, karena potensi kesetrum saat hujan sangat besar Dan membahayakan pekerja karena air adalah penghantar listrik yg baik (coba aja kalo ga percaya)
  3. Perbaikan jaringan, Setiap peralatan jaringan yang terdapat dijalanan yang menuju ke rumah-rumah konsumen juga memiliki Life time & bila sudah saatnya alat tersebut harus dilakukan perbaikan/penggantian.
  4. Perbaikan pembangkitan, Pembangkit adalah tempat menghasilkan listrik, kalo di Restoran Pembangkit adalah dapur listrik Seperti hal nya dapur yg butuh perawatan, pembangkit juga membutuhkan perawatan baik Rutin atau Non Rutin.
  5. Penyembungan listrik ilegal, selain merugikan PLN, Penyembungan listrik ilegal juga merugikan konsumen lainnya karena seharusnya daerahnya tidak mati lampu malah mati lampu karena diambil hak nya oleh Penyembungan listrik ilegal tersebut tanpa membayar.

Dan perlu diingat : Kalo listrik mati, PLN tdk untung karena listrik tidak digunakan konsumen. mati lampu (Prnh ada yg bilang untung #hadehh ). Silahkan kalo teman-teman ingin menambahkan untuk berbagi pengetahuan yang masih rancuh di setiap pemikiran orang. Sekian posting kali ini, terima kasih. (@si_yanshu)

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "

39 thoughts on “Kenapa PLN suka matiin lampu/listrik ?”

  1. kalau di sini listrik sudah diserahkan ke swasta, konsumen bisa memilih…. , jadi penyedia jasa listrik berlomba lomba memberi service yg terbaik, kalau tidak mau bangkrut krn ditinggalkan konsumen

  2. Hmm.. kalo di Medan kalo mati listrik biasanya pake giliran gitu kalo ada perbaikan, setengah harian gitu matinya (–“)

    Kalo di Aceh malah lebih parah kalo lagi musim mati listrik, ada yang ampe berhari-hari malah😦

    1. Itu semua bkn kemauan PLN kalo ada kerusakan, daripada terjadi kerusakan yang lebih parah jdi lebih baik diperbaiki yang memakan waktu sebentar untuk lampu kembali terang… hehehe

  3. terkadang banyak orang yang menilai dari sudut pandang yang salah untuk menanggapi hal seperti ini.. tapi, jujur aja sih, walaupun memang mengganggu (sekali) saya tetap dan harus berlapang dada ^_^

  4. Bingung yah negara ini kaya raya , udah gitu bisa bisanya jual listrik ke negara tetangga padahal untuk stock domestic aja masih kurang, pake iklan gede2an ” menuju indonesia maju” gimana negara mau maju kalo listrik mati terus , kalo listrik mati harus pake genset, beli bensin aja susah, gitu beli bensin katannya gelap pake diciduk2 polisi segala …….. Malu pemerintah pake gaya jual2 listrik segala ke singapura padahal negara sendiri gelap gulita ….

    1. Yang perlu diketahui Anda bahwa tidak ada yang ingin listrik mati karena untuk memperbaiki & membangkitkan nya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

  5. ternyata benar,air adalah penghantar listrik yg sangat baik,saya baru saja mencobanya dengan cara menyambungkan kabel kedalam genangan air lalu saya menyentuh genangan air tsb.alhasil saya pun kesetrum.
    teori anda ternyata memang benar.hebat!

    1. kalo diternate prov.maluku utara listrik mati itu tiap 5 menit sekali,ampuunnn nih provinisi tp kayak dipedalaman,bayangin bs bkn semua elektronik rusak,tiap kepala PLN ganti sma ajah begitu,saya heran sma daerah satu ini,pegawai pln itu hanya bs makan gaji tiap bln tp gk pernah memperhatikan kondisi alat/tegangan/aliran smpe kok bs mati gini sih?benar2 menghambat segala aktifitas sehari2/bayangkan jg bs mati sampe seharian penuh dn ini sdh berlangsung hampir 20 tahun semenjak orde baru

  6. Kita gak harus muji pln saat hidup lampu, kita membeli. Sebulan gak dipake lampu, biaya beban tetap dibayar,, jadi klo dalam 30 hari ada 5 harinya mati lampu,, biaya beban kok sama tidak dipotong untuk 5 hari,,?? Tidak hidup pun lampu sebulan pln tetap dapat masukan dari biaya beban? Bukan untung itu? Hadeeehhh… Akui saja kawan pln kita bobrok,, mau pake alasan apa dinegeri kaya sda ini? Kurang batu bara ? Wkwkwkwk

  7. Saya sudah beberapa tahun di Malaysia, saya akui disana pemerintahnya sangat peduli terhadap rakyatnya.
    Masalah listrik, disana termasuk baik pelayanannya..

  8. Adu tuhan aku tak tahan lg bayar lampuku terlalu bayak,1Bulan sekali 1Juta berturut2, uda hidupku susah,jd tamba susa gara2 lampu, lepas tu seringpula mati lampu usahakujd sunyi, aku doakan orang yang suka,menipu mainkanlistrik mtikanla diakontak lisTrik,

  9. Ooi pln kapanla kau idupkan lampunya, tak adala otak kalian banyak kali rugi aku kalian buat,kalian duduk tenang makan gaji buta, matikan lampu 2 Kali dalam .1 Hari, kalian buat ,sudala indonesia ini makin miskin ,tamba pulak otak kalian makin miskin I

  10. Orang lain yang suka menri listrik km yg menanggung derita udala hidup km susa, kalian tambakan susa km, makanya kalian jangan suka makan gaji aja, kerjayang betol di cek semua ruma,,,, siapa yang suka mencuri listrik, kaliankan di gj tiap bulan ,jangala

  11. ya…saya sependspat dgn anda yg menulis posting ini….masarakat kta sekarang ni belum mengerti hemat energi….yg paling sering saya liyat….tv hidup d saat org nya sdh tidur….kipas sngin selalu jalan….bahkan lampu lisrik yg tidak perlu penerangan jg d jalakan
    …d mohon kepada masarakan jgn boros lisrik….terimakasih

  12. bagaimana kah kalo ternyata PLN bekerja sama dengan genset, dan bilangin kalo sy mati kan lampu, maka kalian dapat untung, jd untung nya dibagi dua yahhh kan bisa

  13. Lucu nih si admin. Mengharap pujian??? anda kan digaji untuk ngurusin listrik. jadi sewajarnyalah kami sebagai konsumen ingin mendapatkan pelayanan terbaik. Dan kalo sering mati lampu sewajarnyalah kami anggap kerja anda tidak becus dan makan gaji buta, faham..

  14. Kalo udah ‘musim’ mati lampu, pasti aja PLN dimaki-maki.
    Pelanggan biasanya ngomel :
    ” Gimanalah PLN ini kok lampu dimatiin, padahal sudah bayar listrik tiap bulan! “.
    Tapi kalo udah terang benderang, boro-boro pujian…
    Ucapan terima kasih aja ga pernah ada.(huh terima kasih, Pujian? kalo yg matiin pihak PLN terus dinyalain lagi “yang sudah seharusnya” terus saya yg bayar “naik tiap tahun” tiap bulan harus bilang terima kasih juga FUCK YOU)

Jangan lupa "like" dulu ya :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s