Biografi Andrea Pirlo


Setelah biografi si bengal Mario ‘Hulk’ Balotelli, sekarang giliran sang penembak pinalti Panenka.

Andrea pirlo lahir di flero, lombardy, italia, 19 mei 1979. Perjalanan karier pirlo di klub sepak bola yaitu brescia, internazionale, reggina, a.c. Milan, dan juventus hingga kini. Pirlo melakukan debut bersama brescia ketika melawan reggina pada tanggal 21 mei 1995. Setelah berhasil menjadi pemain inti brescia, dia menjadi incaran pelatih inter milan, mircea lucescu, yang akhirnya membelinya. Akan tetapi di musim pertamanya, pirlo tidak berhasil masuk dalam tim inti, dan akhirnya dipinjamkan ke reggina.

Setelah musim yg menawan bersama reggina, dia kembali ke inter tetapi sekali lagi gagal menjadi pemain inti dan dipinjamkan lagi ke brescia. Setelah 3 musim bersama inter, pirlo akhirnya dijual ke ac milan. Dengan ac milan, dia benar-benar menemukan penampilan terbaiknya. Awalnya pirlo memang bermain sebagai gelandang serang, sebelum akhirnya pelatih carlo ancelotti mengembangkannya menjadi seorang playmaker. Kerja sama andrea pirlo dengan gennaro gattuso memegang peranan penting bagi milan. Bersama a.c. Milan pirlo telah memenangkan 1 titel scudetto, 2 titel liga champions dan 1 titel piala dunia antar klub. Di timnas ia tlah brmain di ajang euro 2004, memenangkan medali perunggu pada ajang olimpiade tahun 2004, & menjadi juara di world cup 2006.

Pirlo mulai dikenal di kalangan pesepak bola sejak bermain di timnas italia u-21, brsama dgn gattuso, nicola ventola, & christian abbiati. Walau pada awal kariernya ia adalah seorang gelandang menyerang tapi ia dapat beradaptasi menjadi seorang gelandang tengah bertahan. Andrea pirlo adalah seorang inspirator lapangan yang kreatif, dimana banyak gol-gol yang lahir dimulai dari pergerakan/umpan-umpannya. Untuk saat ini ia dihargai oleh banyak pihak sebagai salah satu gelandang terbaik, terutama di serie a.

Pirlo adalah seorang pemain dengan bakat yg hebat dlm hal kreativitas & mengumpan bola, menjadikan ia seorang playmaker di klub yg dibelanya saat ini, meskipun posisinya berada tepat di depan barisan pertahanan, namun pirlo sering maju ke depan untuk memberi umpan2 kepada para penyerang. Selain itu, andrea pirlo juga dikenal mempunyai tendangan bebas yang akurat. Pada mei 2011 ia memutuskan pergi dari ac milan dan memilih bergabung ke juventus dengan status free transfer.

Pada 25 mei 2011 ia pindah ke juventus dgn kontrak selama 3 tahun terhitung mulai tgl 1 juli 2011 dgn berstatus free transfer dari ac milan. Kalau mau jujur pd 2006 jerman adalah puncak karir andrea pirlo. Ia layak dinobatkan sbg pemian terbaik daripada seniornya, fabio cannavaro. Umpan akurat, visi permainan yang bagus dan dibarengi intelegensi yang tinggi membuat pirlo menjadi pemain sempurna. Pirlo sudah bemain untuk italia sejak u-15, u-18 dan u-21. Sama seperti buffon, hanya piala er opa yang belum diraihnya bersama acmilan, andrea pirlo mendapat seluruh penghargaan baik lokal maupun internasional.. Prestasi pirlo bersama ac milan : serie a: 2003-04, 2010–11 , coppa italia: 2002-03, supercoppa: 2004, liga champions uefa: 2002-03, 2006-07 , Piala Super Uefa: 2003, 2007, Piala Dunia Antarklub Fifa: 2007.

Prestasi Pirlo bersama timnas italy : Uefa Under-21 European Championship: 2000, Olimpiade 2004 – Perunggu, Piala Dunia Fifa: 2006. Prestasi Individual Yg Diraih Pirlo : Uefa European Under-21 Championship Golden Player: 2000, Uefa Under-21 Championship Topskorr: 2000  prestasi individual yg diraih pirlo : man of the match final piala dunia fifa 2006, & fifpro world xi: 2006. Prestasi pirlo bersama juventus : serie a : 2011/2012. Banyak kalangan yang menyandingkan kemampuan pirlo dengan pengatur permainan barcelona dan spanyol, xavi hernandez. Di piala eropa 2012, pirlo telah mencetak satu gol dan berandil besar atas gol antonio di natale dalam laga pembuka grup c melawan spanyol, pirlo menciptakan gol lewat tendangan bebas saat italia bermain imbang 1-1 dengan kroasia.

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "

Jangan lupa "like" dulu ya :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s