Biografi Mario ‘Hulk’ Balotelli


Mario Barwuah Balotelli lahir pada tanggal 12 Agustus 1990 di Palermo, Italia. Pemain berkebangsaan Italia ini terkenal sebagai striker hebat Balotelli punya teknik yang bagus serta dapat bermain di posisi mana saja di bagian depan. Dia juga adalah pengambil set-piece yang bagus. Balotelli lahir dari pasangan imigran asal Ghana, Thomas dan Rose Barwuah. 1993, saat berusia 3 tahun, keluarga Barwuah setuju untuk diadopsi oleh keluarga Balotelli. Adopsi ini resmi disahkan oleh pengadilan Brescia.

Di tengah kabar miring mengenai Mario Balotelli dan kenakalannya ternyata ada cerita yg cukup menyentuh dari striker Manchester City itu. Ia menghabiskan masa kecilnya di kota Brescia, Italia. Dibalik kebengalannya rupanya Balotelli sempat merasakan masa kecil yg kurang membahagiakan. Pada usia lima tahun, Super Mario – julukan Balotellitelli – masuk di sebuah akademi sepak bola di Brescia, USO Mompiano.

Balotelli jadi satu-satunya pemain berkulit hitam dari begitu banyak anak yg mendaftar & Balotelli menghadapi perilaku yg kurang mengenakkan di klubnya waktu itu. Bahkan ia nyaris dikeluarkan dari klub atas permintaan orang tua para anggota tim USO Mompiano lainnya. Hal serupa kembali Balotelli alami ketika memasuki klub AC Lumezzane pd karier juniornya & lagi- lagi Balotelli Junior diserang Rasisme di Klub tersebut. Memang begitu banyak cerita bisa dipetik dari kehidupan Balotellitelli, baik kisah perjuangan masa kecilnya hingga perilaku kontroversial.

Pada usia 15 tahun, Balotelli mendapat promosi ke tim senior Lumezzane, & debutnya berlangsung saat melawan Padova di Liga Italia Serie C1. Balotelli dibeli oleh Internazionale seharga 340 ribu Euro pada musim 2006-2007. 16 Desember 2007, Balotelli akhirnya bisa melakukan debut pertamanya bersama tim senior ketika menggantikan David Suazo melawan Cagliari. 3 hari setelah itu Balotellitelli menjadi pemain inti saat melawan Reggina di Coppa Italia dan mencetak 2 gol dalam kemenangan 4–1.

Pada musim keduanya di tim inti Inter Milan (2008-2009), Balotelli didera beberapa masalah kedisiplinan yg membuat Mourinho geram terhadapnya. Pelatih Jose Mourinho tidak memasukkan dirinya (Balotelli) dalam tim di putaran kedua musim yang dimulai Januari 2009 bersama Internazionale. Pada awal musim 2008-2009, Mourinho juga menganggapnya (Balotelli) kurang serius dalam berlatih.

7 Agustus 2007, 5 hari sebelum ulang tahunnya ke 17, dia mendapat panggilan untuk bergabung dengan timnas Ghana dari pelatih Claude Le Roy untuk berlaga di laga persahabatan melawan Senegal di New Den Stadium di London, Inggris yang berlangsung pada tanggal 21 Agustus 2007. Tetapi dia (Balotelli) menolaknya, agar bisa menjaga peluangnya memperkuat timnas Italia begitu dia berhasil mendapatkan paspor Italia.

13 Agustus 2008 Pelatih Italia U-21, Pierluigi Casiraghi, memanggil Balotelli untuk bergabung setelah Balotelli mendapatkan kewarganegaraan Italia. Pada tanggal 29 Agustus 2008, Casiraghi resmi memanggil Balotellitelli untuk memperkuat Italia melawan Yunani dan Kroasia. Gol internasional pertama Balotellitelli terjadi saat melawan Yunani U-2. Hingga akhirnya ia bergabung dengan Manchester City Agustus 2010.

 Balotelli memperkuat timnas senior Italia sejak bulan Agustus 2010. Hingga September 2011, ia telah mencetak satu gol dari tujuh kali penampilan. Selama ini, Balotelli memang terkenal dengan pemain bengal. Ia pernah bertengkar dan berkelahi dengan rekan setim saat latihan. Dan juga memicu kebakaran di apartemen akibat pesta kembang api yg dibuatnya (Balotelli), Meskipun begitu, pemain berusia 21 tahun ini (Balotelli) juga pernah memberikan donasi kepada gereja sebesar £200 atau sekitar Rp3 juta. Ia (Balotelli) juga pernah mentraktir pengunjung pub The Tudor di Peel Hall di malam Natal dan menghabiskan £1.000 atau lebih dari Rp14 juta untuk pengunjung pub seharian.

Sejak ia bergabung dengan MAN City, sudah lebih dari 10x pemain berjuluk Super Mario tersebut membuat geram manajer dan rekan  setimnya. Mario Balotelli pernah Kecelakaan Mobil (Agustus 2010) Hanya beberapa hari setelah menandatangani kontrak bersama City, Balotelli berulah dengan trlibat kecelakaan pd saat mengunjungi Kamp City. Beberapa hari lalu Balotellitelli juga sempat terlibat kecelakaan kecil. Dan ketika diperiksa polisi, ia ketahuan membawa uang senilai 5rb pounds. Ketika polisi menanyai Balotelli mengenai uang tersebut, pemain asal Italia tersebut hanya menjawab karena ia orang kaya.

Balotelli menorehkan cerita suka dan duka ketika melakoni laga melawan West Bromwich. Rasa suka citanya ketika mampu mencetak gol pertama bagi City & aksi bodohnya pada Youssuf Mulumbu yang berujung kartu merah pada diri Balotelli. Desember 2012 Balotelli sempat menyindir Gelandang Arsenal, Jack WIlshere. November 2010 Balotellitelli sukses memenangi gelar FIFA’s Young Player of The Year dengan mengalahkan gelandang muda Arsenal, Jack Wilshere. DAN Ironis nya Balotelli mengaku bahwa ia tidak tahu siapa itu Wilshere!! Kontan saja, manajer Roberto Mancini mengecam pernyataan Balotelli tersebut dan meminta ia merubah perangainya tersebut. Maret 2011 Balotelli membuat insiden Anak Panah Balotelli mlemparkan anak panah pda para pemain muda City. Beruntung tak ada yg trluka akibat prbuatan bodohnya, & beruntung Balotelli lolos dari hukuman. Maret 2011 Mario Balotelli mendapat Kartu Merah Kedua City harus tersingkir dari UEFA Europa League pada bulan ini setelah disingkirkan oleh Dynamo Kiev. Dalam pertandingan second leg yang digelar di Stadion Etihad, Balotellitelli mendapatkan kartu merah dari wasit.

Juli 2011 Insiden Back-Heel saat berhadapan dgn Los Angeles Galaxy di ajang Uji Coba Pertandingan masih berjalan sekitar 30 menit Mancini memutuskan untuk menarik keluar Balotelli. Karena Balotelli melakukan tendangan back-heel bodoh di depan gawang Galaxy disaat peluang untuk mencetak gol terbuka lebar. Balotelli hrus dievakuasi dri rumahnya sendiri yg mengalami kebakaran kecil setelah ia dan beberapa temannya bermain kembang api di kamar mandi. Untungnya kabar ini cepat redup ketika beberapa hari kemudian Balotelli mampu mengantar City menang telak di kandang Manchester United. November 2011 kartu merah ketiga untuk Mario Balotelli, masuk sebagai pemain pengganti kala City vs Liverpool, Balotelli hrus keluar lebih cpat sbelum prtandingan berakhir karena menerima kartu merah dari wasit. Desember 2011 Balotelli melanggar jam malam yang diinstruksikan oleh pelatih Roberto Mancini ketika City akan menghadapi pertandingan penting melawan Chelsea. Hanya beberapa hari setelah melanggar jam malam tersebut, Balotelli giliran berbuat ulah di markas latihan. Dalam satu sesi latihan, Balotelli malah terlibat adu jotos dengan rekannya sendiri, Micah Richards. Hukuman larangan bermain selama 4 pertandingan Januari 2012 diterima oleh Balotelli krn menginjak kepala Scott Parker saat City versus Tottenham Hotspur. Dalam pertandingan melawan Sunderland yang berkesudahan imbang 3-3, Balotellitelli sempat berebut tendangan bebas dengan rekannya, Kolarov. Balotellitelli harus menerima kartu kuning keduanya saat City kalah 1-0 dari Arsenal karena melakukan tekel telat pada Bacary Sagna. Karena hal itu, Mancini sampai mengatakan bahwa ia tidak akan memainkan Balotelli lagi di sisa musim ini.

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "

1 thought on “Biografi Mario ‘Hulk’ Balotelli”

Jangan lupa "like" dulu ya :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s