Pentingnya Merawat Baterai Laptop


Memang benar kata orang tua, pengalaman itu guru yang paling berharga. Awal-awalnya punya laptop rasanya seneng banget sampe-sampe mengabaikan yang namanya apa aja yang perlu diperhatiin. Beberapa mang udah diperhatiin, kayak misalnya screen protektor, keyboard protektor, sampe tas laptop yang harganya “wow”, yang akhirnya dipenuhi sarang laba-laba karena jarang digunakan karena tas nya gede banget.

Dan ternyata, ada yang terlupakan olehku dan aku tersadar saat semuanya sudah terlanjur soak(*hehehe). Dari kata terakhir sudah terbayangkan kalo yang terlupakan itu adalah batery laptop, karena masih seneng-senengnya maen laptop dan baru aja dapet software game baru jadi maen game sampe lupa waktu dan saat batery sudah mengindikasikan low batery aku langsung aja colokin itu yang namanya charger  dan akibatnya batery laptopku soak Cuma bertahan 16 bulan dan karena tuntutan kampus yang kudu bawa laptop dalam salah satu mata kuliah untuk menganalisa akhirnya aku harus mengeluarkan “kocek” cukup dalam untuk membeli yang original.

Yah, biar teman-teman kagak mengalami keadaan seperti aku. Aku mau kasih tips pentingnya merawat batery laptop :

  1. Jangan gunakan laptop di atas kasur/ karpet/ sofa karena dapat menghambat sirkulasi udara panas yang dikeluarkan.
  2. Gunakan cooling pad untuk  membantu meredam suhu laptop yang panas.
  3. Baterai atau laptop jangan sampai terbentur apalagi terjatuh. Jangan juga ditindih benda berat, karena akan rentan terhadap arus pendek/konslet sehingga menyebabkan overheat.
  4. Jangan sampai kena air.
  5. Selalu pakai baterai dan charger original.
  6. Kalau lagi pakai laptop tanpa baterai, usahakan tegangan listrik di rumah kita stabil dengan pakai stabilizer.
  7. Gunakan power management pada control panel. Set brightness di bawah 50%, jangan pakai screen saver aneh-aneh, pakai blank karena paling irit power, set waktunya juga agar tidak telalu lama. Set juga power jadi max battery.
  8. Baterai baru harus diisi sampai penuh sebelum digunakan, biar baterai berumur panjang.
  9. Gunakan Baterai dalam kondisi layak,biasanya baterai itu dapat bekerja secara optimal dalam suhu ruangan 30°-35° C juga akan membuat baterai dapat bekerja dengan baik.

Semoga aja tips dari pengalaman ini bisa bermanfaat buat teman-teman dan tidak mengalami kejadian sepertiku.

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "

12 thoughts on “Pentingnya Merawat Baterai Laptop”

  1. salah satu kelemahan laptop adalah ga bisa digedur untuk main game.. saya suka main game tp di PC. kl temen ku sering main game di laptop, alhasil batterainya cm tahan 30 menit. thanks ats tipsnya sob..

  2. pas awal2 punya laptop masih disiplin nge-chargenya, sekarang??? maksimal cuma 10 menit!😀
    tapi karena ga punya duit dan males nungguin nge-charge batere jadinya nggak ganti batere deh!:mrgreen:

    1. Sama bangetss…ini emang kayanya penyakit orang yang punya laptop deh, di awal2 doang disayang2 dan dan rajin betul ngikutin aturan yang berlaku supaya baterei awet. Tapi boleh kasih tips tambahan yakss.. sebisa mungkin jgn pake laptop sambil dicharge terus.. kalau udah full dicabut chargernya, tunggu sampai sekitar indikator baterai minimal 15%, baru deh dicharge.. try deh, it works 4 me..

  3. kata salah satu temen, kalau laptop dalam keadaan on dan sambil dicharge, baterainya mesti dibuka supaya baterainya awet. Kalau memang berniat mencharge baterai, laptopnya harus dalam keadaan off. Benarkah pendapat itu??

    Salam kenal🙂

Jangan lupa "like" dulu ya :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s