Tips jitu cara merawat Laptop


Artikel tips merawat laptop ini diperuntukkan untuk teman-teman yang baru memiliki laptop, notebook, netbook dan istilah lain yang inti nya sama artinya untuk menjaga kehandalan dan daya tahan laptop itu sendiri.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat laptop :

1. Tas Laptop

Tas laptop bisa didapat baik dari produsen laptop ataupun kita membeli sendiri, namun kita harus memperhatikan keamanan bagi laptop itu sendiri baik dari goncangan dll.

2. Hindarkan laptop dari sinar matahari langsung

Laptop adalah alat yang sangat peka dan mudah rusak ketika terkena sinar matahari langsung. Baik ketika kerja maupun ketika meletekkan laptop harus terlindung dari matahari.

3. Stabilizer

Sebagai pengaman laptop terhadap rusaknya hardware yang diakibatkan listrik tidak stabil, sebaiknya gunakanlah stabilizer.

4. Hati-hati membawa laptop

Walaupun laptop sudah mempunyai tas khusus laptop, namun anda harus tetap hati-hati membawa laptop. Jika anda menggunakan tas laptop ransel, jangan sampai terjadi tumbukan terlalu keras dengan badan anda.

5. Bersihkan secara berkala

Usahakan bahwa setiap periode tertentu anda membershkan laptop terutama pada bagian keyboard dan layar monitor. Untuk pembersihan keyboard gunakan kuas yang halus sedangkan untuk layar sudah ada pembersih khusus lap dan cleaner yang banyak dijual di toko komputer.

6. Gunakan baterai seperlunya

Cara yang paling baik untuk penggunaan baterai laptop adalah membuka baterai ketika laptop anda terhubung langsung dengan arus listrik. Jika sebuah baterai laptop terpasang terus ketika anda menggunakan listrik untuk laptop maka umur baterai laptop tersebut tidak akan panjang dan akan cepat bocor. Seperti yang saya alami di laptop saya waktu saya belum tahu cara perawatan laptop yang baik.

7. Jangan meletakkan sesuatu diatas laptop

Ketika sedang tidak digunakan dan disimpan diatas meja, hindari meletakkan sesuatu diatas laptop apalagi yang lumayan berat karena bisa merusak layar monitor.

8. Letakkan laptop pada media yang rata

Ketika laptop sedang digunakan sebaiknya jangan meletakkan laptop pada area yang sangat empuk seperti kasur, springbed, dll karena bagian bawah laptop sirkulasi udara pendinginnya harus lancar. Jika laptop diletakkan pada media empuk maka akan sangat cepat panas.

9. Jauhkan dari air

Jika anda kerja sambil minum maka gelas yang anda gunakan harus dijauhkan dari laptop agar jangan sampai terjadi kecelakaan yang akhirnya menimbulkan musibah pada laptop, terutama daerah keyboard.

10. Jauhkan dari benda yang mengandung magnetik kuat

Ketika sedang digunakan, hindari mendekatkan laptop dengan benda magnet kuat karena bisa merusak kinerjanya.

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "

2 thoughts on “Tips jitu cara merawat Laptop”

Jangan lupa "like" dulu ya :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s