Pulau tangkil

19 september 2010

Hari yang cukup melelahkan dimulai dengan mencatat logsheet (istilah laporan dikantor), seperti biasanya aq istirahat duluan untuk setiap kerja malam. Malam ini aku coba tidur ditempat yang sudah lama tidak aku tiduri karena ada tempat yang lebih nyaman, yups..di mushala.

Tak seperti biasanya malam itu rekanku ingin meminjam laptop untuk menemaninya kerja selagi  aku istirahat.

Malam itu ku tidur diruangan yang kira-kira ukuran 3×4 meter itu yang biasa untuk meletakkan tas teman-teman operator. Yah, dimulai dengan menggelar karpet sebagai kasur dadakan. Seperti biasanya aku setel alarm jam 03.00 agar aku bisa bangun dan bergantian tidur dengan rekanku yang bernama beny.

Dan tidur dimulai….    zzZZZZZzzzz…

Ntah mimpi apa aku malam itu begitu tersadar aku melihat jendela diluar sudah terang, dan ketika aku melihat jam di hanndphoneku….astagfirullah.. sudah menunjukan pukul 06.00 WIB. Alangkah terkejutnya aku, lalu aku beranjak menuju kamar mandi untuk cuci muka dan sikat gigi.

Setelah dirasa cukup, aku kembali keruang kerja (main control room) menghampiri rekanku dengan perasaan bersalah karena aku tidur “kelabasan”, meskipun beny menanggapi dengan biaasa-biasa saja.

Jam kerja selesai, waktunya pulang…

Sebelum pulang aku sempat smsn sama pacarku panggil saja achie, dia mendapat info kalau salah satu teman kita mengadakan jalan-jalan kelaut, namun sepertinya orang tersebut tidak berencana mengajak kami. Tapi jalan-jalan tetap dilaksanakn karena akupun tidak merasa mengantuk karena kelalaian tidur “kelabasann” itu…hehehe,,,.

Akupun membeli nasi uduk dilangganaku disebuah warung, yang melayani seorang nenek yang sudah sepuh, akupun makan dengan lahapnya, uniknya diwarung ini uduk hanya berisi topping sambal + kerupuk saja jadi aku nambah bakwan 1 buah dan hanya 3000 rupiah saja bayarnya.

Karena masih terlalu pagi untuk jalan-jalan kami memutuskan untuk beres-beres rumah dulu, aku yang saat itu masih tinggal di mess kantor yang aku tinggali bersama temanku. Karena ga tau apa yang mau dilakukan aku sirami saja rumput-rumput yang baru aku tanami beberapa hari yang lalu didepan mess-ku.

Setelah selesai akupun tidur-tidurn sambil menunggu pacarku yang sedang mencuuci baju dirumahnya, tapi daripada aku ketiduran aku memutuskan beres-beres kamar yang sudah berbulan-bulan tidak aku bersihkan.

Waktu sudah menunjukan jam 11.00 lalu aku mandi dan bersiap jalan-jalan mengisi hari minggu kali ini bersama pacarku tentunya, setelah siap akupun meluncur menuju rumah pacarku dengan si black motorku.

Setelah sampai dirumah pacarku, seperti biasa bercengkrama dengan keluarganya dan tek..tek..tekk.. suara bakso malang menggoda lidah untuk bergoyang, akhirnya aku pesan 1 porsi bakso malang yang isi nya kerupuk, tahu, bakso, somay dan mie putih. Tapi kok ada rasa yang bbeda di somay & bakso nya jd nambah 2 somay & 2 bakso lagi deh, mantapss.. setelah kenyang achie ingat ingin mengajak pasangan yefta & maria ikut jalan-jalan dan setelah di telpon beberapa kali akhirnya merekapun menyetujuinya.

Akhirnya mereka datang, dengan masih tujuan yang temaram kami memutuskan kepantai mutun, sesuai dugaan mutun rame banget..weleh..weleh.

Memang mutun lagi dalam tahap renovasi, muter kesana sini rame banget buat nyari tempat duduk aja susah, karena begitu panas dan jalan berbatu membuat achie pusing dan akhirnya ngambek deh, setelah istirahat sebentar dan minum minuman kaleng yang kami beli dijalan sebelumnya kamipun melanjutkan mencari tempat dan akhirnya kami temukan tempat yang sudah ditinggalkan pemiliknya karena memang saat itu sudah pukul 03.00 wib, yah sambil makan snack-snack kami bersenda gurau sambil melihat pemandangan disekitar yang banyak anak-anak bermain air ditepi pantai. Muncul ide mengajak mereka semua nyebrang kepulau, yah walaupun Cuma mengelilingi pulau aja lihat-lihat sebentar, saat achie mengajak maria dia ok ok saja tapi sepertinya yefta takut…hahaha… Dia malah jadi bahan ejekan karena takut naik kapal, setelah sedikit dirayu akhirnya dia pun mau ikut naik kapal berkeliling pulau.

Dan kami berempat pun berangkat naik kapal untuk mengelilingi pulau yang kata orang pulau tangkil itu, sepanjang perjalanan kami berfoto-foto sampai bingung pose apalagi yang mau dihadirkan..hahaa… Pemandangan sepanjang jalan begitu indah, gemercik air dan pepohonan terhampar luas disepanjang pulau dan juga banyak orang bermain air disana.

Setelah mengelilingi pulau dan kami berniat suatu hari untuk mandi di pulau tangkil, kami pun kembali ke mutun dan setelah istirahat sebentar kamipun memutuskan untuk pulang, diperjalanan achie ngajakin maen kerumah yefta, yahh…biar tahu ja gtu katanya, tapi ntah mungkin karena ga mau kami maen krmh dia atau bukan, dia agak nolak dengan alasan di rumah nya banyak dogie, mungkin karena jalan yang sedikit rame kami pun terpisah ntah disengaja atau tidak.

Dan kamipun sampe rumah achie hampir maghrib, huhh..hari yang melelahkan dan menyenangkan, ehh..kami sampe anak tiri nya teh yati jg nyampe. Ga tau mau nya apa anak tiri tu seneng bener denger rido (anak teh yati) nangis sampe “pening pala” denger nya sampe ga nafsu makan denger nya walaupun disediain soto sama teh yati, mendingan mandi deh biar agak segeran dikit, ehh..setelah buka baju ternyata air ga ngucur…gubrakkk. Jadi nunggu deh sambil menggigil kedinginan di kamar mandi.

Baru ja selesai mandi, tiba-tiba ada tamu tapi aku ga kenal itu siapa tapi kenal dengan teh yati, teh yantii jg, ternyata itu orang mau nganterin pembantu buat teh yanti yang memang lebaran udah ditinggal pembantu nya.

Setelah para tamu pulang semua, sayangku membuatkanku kopi yang membuatku semangat karena malam ini harus dinas malam lg…

(to be continued…)

Penulis: Yan shu

" Menyempatkan waktu untuk membaca, berarti memberi kesempatan kita membuka jendela dunia "